0

BAB 1. Manusia Dan Kebudayaan 7 Kebudayaan Universal

Posted by Yudha Husna Dewanto on 05.03

Nama : Yudha Husna Dewanto

Kelas : 1KA33
Npm : 1810713
Materi : Ilmu Budaya Dasar 
Kelompok : 5
Dosen : Ninuk Sekarsari



Sebutkan 7 Unsur Kebudayaan Universal


Sebelum membahas lebih jauh apa itu fungsi 
tujuh unsur kebudayaan universal. Perlu diketahui dulu, apa makna dari fungsi.Istilah fungsi dalam kehidupan sehari-hari maupun dalam kegiatan ilmiah sering digunakan dalam berbagai arti yang berbeda. Fungsi dapat diartikan sebagai jabatan atau pekerjaan yang dilakukan. Fungsi juga dipakai dalammatematika, yaitu besaran yang berhubungan, jika besaran yang satu berubah, maka besaran lain ikut berubah.


Dalam Kamus Besar Bahasa Indonesia, salah satu makna fungsi adalah kegunaan suatu hal. Jadi, fungsi bisa diartikan sebagai hubungan kegunaan sesuatu hal dengan sesuatu tujuan tertentu.

Unsur Kebudayaan Universal
Dari beberapa pendapat yang ada tentang unsur kebudayaan universal, pendapat C. Kluckhohn yang sering dijadikan sebagai referensi. Pendapat C. Kluckhohn tentang tujuh unsur kebudayaan merupakan hasil inti sari dari pendapat-pendapat lainnya.

Dalam karyanya yang berjudul Universals Categories of Culture, ia menjelaskan 7 unsur kebudayaan universal yang selanjutnya disebutcultural universals, yaitu sebagai berikut.
1.      Sistem kepercayaan (sistem religi)
2.      Sistem pengetahuan
3.      Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
4.      Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
5.      Sistem kemasyarakatan
6.      Bahasa
7.      Kesenian

Urutan unsur-unsur kebudayaan di atas menurut Koentjaraningrat didasarkan pada mudah atau susahnya suatu unsur kebudayaan mengalami perubahan. Artinya, unsur kebudayaan yang ada pada nomor urut pertama dianggap sebagai unsur kebudayaan universal yang paling sulit berubah, sedangkan urutan yang terakhir merupakan unsur kebudayaan yang paling mudah berubah.

Fungsi Unsur-Unsur Kebudayaan Universal
Pembahasan tentang fungsi unsur kebudayaan mulai muncul setelah Malinowski memunculkan tulisan-tulisan yang beraliran fungsionalisme. Aliran ini memandang bahwa segala sesuatu akan tetap ada jika masih memiliki fungsi, termasuk unsur-unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat.Berbagai unsur kebudayaan yang ada dalam masyarakat memiliki fungsi untuk memuaskan suatu rangkaian hasrat atau naluri akan kebutuhan hidup manusia yang disebut basic human needs. Misalnya, unsur kebudayaan sistem religi atau agama.

Unsur ini sangat dibutuhkan oleh manusia terutama untuk menjawab ketidakberdayaan manusia dalam mengahadapi berbagai masalahkehidupan yang sulit diterima akal. Agama juga berfungsi untuk mengatur kehidupan manusia dalam hubungannya dengan Penciptanya.Sistem pengetahuan berfungsi untuk menjawab kebutuhan manusia akan rasa ingin tahu. Dengan pengetahuan, manusia dapat memenuhi segala macam kebutuhan hidupnya.

Unsur lainnya, yaitu peralatan dan perlengkapan hidup manusia yang selanjutnya bisa disebut sebagai teknologi, juga mempunyai fungsi yang  sangat penting bagi pemenuhan kebutuhan  manusia. Dengan teknologi, manusia semakin mudah memenuhi segala kebutuhan.Dalam kehidupan, manusia juga memerlukan mata pencaharian atau sistem ekonomi. Dengan mata pencaharian atau sistem ekonomi, manusia dapat memenuhi kebutuhan produksi, distribusi, maupun konsumsi.

Sistem kemasyarakatan atau sistem sosial juga diperlukan oleh manusia. Manusia mempunyai kecenderungan untuk berkelompok, maka mereka membentuk keluarga dan kelompok sosial lainnya yang lebih besar.
Adapun unsur bahasa dan unsur kesenian juga sangat dibutuhkan oleh manusia. Tanpa bahasa, baik lisan, tulisan, maupun bahasa isyarat, manusia akan mengalami kesulitan untuk berkomunikasi. Dengan kesenian manusia mampu memenuhi kebutuhan rekreasi atau mampu mengapresiasikan perasaan seninya.


Study Kasus:
Kabudayaan dan manusia memang begitu dekat karna setiap manusia pasti memiliki berbagai macam budaya atau etika dari diri masing-masing dan setiap warga negara juga mempunyai kebudayaan masing-masing dari setiap daerah di negri ini. serta setiap orang memiliki sesuatu pekerjaan, Kepercayaan, Pengetahuan, perlengkapan untuk hidup, sistem kemasyarakatan, Bahasa , dan kesenian masing-masing.

Opini:
Jadi menurut pendapat saya 7 kebudayaan universal itu adalah hal yang paling tepenting untuk di miliki oleh orang, oleh karena itu setiap dari poin poin tersebut kita dapat mempelajari kebudayaan dan berbudaya dengan sopan dan baik .

Pengertian dari Poin-poin atau Unsur tersebut :

1. Sistem kepercayaan (sistem religi)
Sistem kepercayaan adalah suatu sistem yang diperlukan dalam kehidupan kita karna jika manusia tidak memiliki sistem kepercayaan maka manusia  akan saling menghancurkan 1 sama lain 

2. Sistem pengetahuan
Sistem Pengetahuan adalah suatu sistem yang berfungsi untuk pengetahuan dan ilmu perorangan atau secara induvidualis

3. Peralatan dan perlengkapan hidup manusia
maksud dari poin ini adalah peralatan dan perlengkapan untuk hidup kita seperti sandang pangan

4. Mata pencaharian dan sistem-sistem ekonomi
serta mata pencaharian suatu tujuan yang utama sebagai pekerjaan dalam kehidupan sehari-hari yang biasa di jalani semua orang.

5. Sistem kemasyarakatan
Kemasyarakatan adalah kehidupan kita dalam berkomunikasi dan bersosialisasi

6. Bahasa
bahasa sebagai landasan perilaku yang menggambarkan kehidupan secara individu berguna untuk berkomunikasi dengan orang lain

7. Kesenian
Kesenian ini berguna untuk membuat diri kita bebas untuk berkarya apapun

saran : 
sebaiknya di negeri ini orang-orang yang tidak bekerja dan tidak bersekolah harus di bantu oleh pemerintah agar orang orang dapat bersekolah dan berkerja dengan selayaknya.


dikutip dari:http://www.anneahira.com/7-unsur-kebudayaan-universal.htm


|

0 Comments

Copyright © 2009 When computer talks to human All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.