0

Membuat OpenGL dengan DevC++

Posted by Yudha Husna Dewanto on 01.04
Membuat garis melalui OPEN GL

Nama   : Yudha Husna Dewanto
Kelas   : 3KA28
NPM   : 18110713


Disini saya akan membuat OpenGl garis Vertikal, Horizontal, dan Diagonal melalui DevC++

Apa itu Open GL ?

OpenGL (Pendahuluan)

OpenGL adalah suatu perangkat pembuat grafis standard yang digunakan untuk keperluan – keperluan pemrograman grafis. OpenGL bersifat opensource, multi-platform dan multi language. Saat ini semua bahasa pemrograman mendukung OpenGL. Dan OpenGL bisa bekerja dalam lingkungan Windows, Unix, SGI, Linux, freeBSD . Library dasar dari OpenGL adalah GLUT, dengan fasilitas yang bisa dikembangkan. Untuk OS Windows,library ini terdiri dari 3 files yaitu :

  1. Glut.h
  2. Glut32.lib
  3. Glut32.dll
Cara menginstall OPEN GL melalui DevC++



Gambar 1

Pada gambar 1 terdapat tahap awal memulai penginstallan OPEN GL melalui DevC++ ,Caranya masuk kedalam DevC++ lalu klik tools dan pilih package manager.

Gambar 2

Gambar ini merupakan pengistalan OpenGL pertama dengan cara klik install lalu pilih Glut.rar dan ubah ke generic file.

Setelah selesai semuanya di install maka kita harus langkah awal, klik Menu dan pilih project file lalu tekan Ok.
Lalu pada bagian multimedia dan klik OpenGL dan beri nama project.

Sudah selesai membuat project maka saatnya kita akan membuat garis Vertical, Horizontal,dan Diagonal.

Setelah membuat project pasti muncul di dalam layar komputer anda  lembaran kosong, dari situ lah kita akan membuat project pertama yaitu garis Vertical.


Gambar 3
Gambar ketiga ini adalah hasil penginputan coding untuk membuat garis vertical yang akan siap kita compile, cara compile dengan DevC++ iyalah tekan F9. setelah tekan itu maka akan muncul save project maka save lah file tersebut agar program garis Vertical yang telah kita buat jalan dengan sempurna.

Logika:


glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam

glPushMatrix();           
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

glClearColor(1,1,1,0);
 Untuk menentukan warna garis/titik

glColor3f(1,1,1); //    
 Untuk menentukan warna garis/titik

glBegin(GL_LINES);               
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);

glVertex3f(-0.7f, 0.0f, 0.0f);  
 Untuk menentukan titik awal yang digunakan 

glColor3f(0.0f, 0.0f, 1.0f);        
Untuk menentukan titik yang digunakan 


glVertex3f(0.7f, 0.0f, 0.0f);  
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan 

glEnd();             
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 

glPopMatrix(); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1);


Gambar 4

Iya setelah berhasil kita running program maka akan muncul output seperti gambar ke 4 itu adalah garis vertical yang kita telah buat seperti di Gambar ke 3.

Kini kita akan lanjut lagi membuat garis Horizontal, pertama masuk ke file dan new project maka akan muncul lembaran kosong kembali.

Gambar 5
Gambar ke 5 merupakan coding dari garis horizontal yang kita buat di lembaran baru kedua, setelah kita buat mari kita merunning program tersebut.


Logika:

glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);
Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA 

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT);
Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam

glPushMatrix ();            
 Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

glClearColor(1,1,1,0);    
Untuk menentukan warna garis/titik

glBegin(GL_LINES);          
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 

glVertex3f(0.15,15.0,18.18);  
Untuk menentukan titik awal yang digunakan 

glVertex3f(0,0,0.0);                
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan 

glEnd ();  
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 


glPopMatrix (); 
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1);



Gambar 6

Setelah gambar 5 di running apabila tidak terjadi eror maka hasil outputnya akan seperti gambar ke 6 gambar ini adalah gambar horizontal .

Kini kita akan lanjut lagi membuat garis Diagonal, pertama masuk ke file dan new project maka akan muncul lembaran kosong kembali.

Gambar 7
Gambar ketujuh merupakan codingan untuk membuat garis diagonal, apabila kalian sudah membuat codingan seperti di gambar tujuh maka kita akan mengcompile dengan cara ketik F9.


/*Untuk membuat garis Diagonal*/
glClearColor (0.0f, 0.0f, 0.0f, 0.0f);  
Untuk memilih warna yang digunakan untuk membersihkan latar dalammode RGBA

glClear (GL_COLOR_BUFFER_BIT); 
Untuk membersihkan layar latar belakang dengan warna hitam

glPushMatrix ();          
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

glClearColor(1,1,1,0);  
Untuk menentukan warna garis/titik

glColor3f(1,1,1); //      
Untuk menentukan warna garis/titik

glBegin(GL_LINES);      
Untuk menggambar garis dari titik yang digunakan 

glVertex3f(0,0,-0.8);      
Untuk menentukan titik awal yang digunakan 

glVertex3f(9.9,8.9,0.1);  
Untuk menentukan titik akhir yang digunakan 

glEnd ();            
Untuk mengakhiri gambar garis dititik akhir 

glPopMatrix ();  
Membuat baris kode menjadi tidak berlaku untuk bagian luar

SwapBuffers (hDC);
Digunakan untuk menukar bagian belakang buffer menjadi buffer layar

Sleep (1);


Gambar 8

Pada gambar 8 ini merupakan garis diagonal apabila kalian telah merunning atau menjalankan codingan di gambar 7 maka akan muncullah hasil output di atas seperti gambar nomor 8.






|

0 Comments

Copyright © 2009 When computer talks to human All rights reserved. Theme by Laptop Geek. | Bloggerized by FalconHive.